Welcome to Astra Ventura, we have over 20 years of expertise

Perkuat Ekosistem Rantai Pasok Sabut Kelapa, Astra Ventura Dukung PT Rekadaya Multi Adiprima

Perkuat Ekosistem Rantai Pasok Sabut Kelapa, Astra Ventura Dukung PT Rekadaya Multi Adiprima
November 29, 2018 stephan
In Corporate News, Events, News, Stories

Pada tanggal 19 November 2018, investee Astra Ventura, PT Rekadaya Multi Adiprima (RMA) menjadi pembicara pada acara Focus Group Discussion (FGD) bertema ”Pemanfaatan Potensi Serat Kelapa Untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Kelembagaan Koperasi dan Sekaligus Meningkatkan Perekonomian Nasional” yang digagas Kementerian Koperasi (Kemenkop) di Puri Denpasar Hotel, Kuningan, Jakarta.

 

RMA yang merupakan pasangan usaha Astra Ventura memproduksi berbagai komponen dan produk otomotif seperti karpet mobil, plat mesin, door trim, body protector, helm dan sebagainya dengan salah satu bahan utamanya adalah sabut kelapa.

Pada FGD ini, Presiden Direktur RMA – Bpk Farri Aditya, menjelaskan tentang green product yang dihasilkan. Mereka memanfaatkan bahan-bahan ramah lingkungan yang sangat mudah ditemukan di seluruh pelosok Indonesia yaitu sabut kelapa. RMA bekerja sama dengan Koperasi Produsen Mitra Kelapa (KPMK) di Pangandaran untuk memasok 300 ton serat kelapa per bulan senilai Rp 900 juta kepada RMA. Serat kelapa itu diolah RMA menjadi nonwoven, yang merupakan bahan baku peredam suara untuk produk-produk otomotif yang di supply kepada Astra Grup.

Kemitraan usaha seperti yang dilakukan RMA dan KPMK sangat penting dan strategis karena Potensi yang dimiliki Kabupaten Pangandaran sangat besar dan dapat memberdayakan ekonomi rakyat. Dampak positif lainnya, jika Indonesia mampu mengolahnya dengan baik maka dapat menciptakan potensi ekspor.

Sementara itu, Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kemenkop Abdul Kadir Damanik menyambut baik upaya peningkatan produksi yang berasal dari material organik, utamanya sabut kelapa. ”Kita tahu, Indonesia itu memiliki potensi bahan baku yang luar biasa besar yang selama ini belum tergarap secara maksimal. Nah, kemitraan ini saya kira cukup baik untuk meningkatkan kapasitas produksi kita dan untuk memenuhi pasar internasional”, ucap Abdul Kadir Damanik.

Terkait hal tersebut, Presiden Direktur PT Astra Mitra Ventura Jefri Rudiyanto Sirait menyatakan bahwa “Astra Ventura akan terus mendorong kemandirian pelaku usaha dengan memberi bantuan modal sampai dengan pendampingan bisnis. Salah satunya diberikan kepada PT Rekadaya Multi Adiprima (RMA) sebagai , pemasok produk ramah lingkungan (green product) di sektor otomotif.  Sudah menjadi misi Astra Ventura untuk terus mendampingi pelaku usaha hingga memetik hasil positif.”

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*