Welcome to Astra Ventura, we have over 20 years of expertise

Mitra Astra Ventura Menuju Industri 4.0 dan Perkuat Pemberdayaan Masyarakat

Mitra Astra Ventura Menuju Industri 4.0 dan Perkuat Pemberdayaan Masyarakat
October 16, 2018 stephan
In Corporate News, Events, News, Stories

Pada hari ini Selasa, 16 Oktober 2018, PT Astra Mitra Ventura (Astra Ventura) kembali mengadakan kegiatan Genba (kunjungan lapangan) ke Industri Kecil Menengah (IKM) mitra usahanya yaitu PT CGS Indonesia, PT Rekadaya Kreasi Indonesia dan PT Sagateknindo Sejati. Genba yang bertema Exist Day – In Charge of Change: Shifting Business to Industry 4.0 and Creating Impactful Community merupakan puncak acara dari rangkaian tahunan pengembangan bagi para mitra usaha Astra Ventura. Tema ini mengangkat pemberdayaan masyarakat dan persiapan infrastruktur teknologi dalam menuju industri 4.0.

Exist Day dihadiri oleh Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto beserta dengan Direksi Astra International dan executive Grup Astra yang didampingi oleh Presiden Komisaris Astra Ventura Suparno Djasmin dan Presiden Direktur Astra Ventura Jefri Rudyanto Sirait.

Exist Day kali ini diselenggarakan di tiga mitra usaha Astra Ventura yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Ketiga mitra usaha Astra Ventura yang dikunjungi adalah PT Rekadaya Kreasi Indonesia, PT CGS Indonesia dan PT Sagateknindo Sejati. Kegiatan ini bertujuan untuk saling berbagi informasi perkembangan bisnis mitra usaha dan perkembangan bisnis grup Astra, khususnya kondisi pasar otomotif nasional dan internasional.

Kegiatan pada pembangunan komunitas untuk ekonomi yang berkelanjutan sangat diperhatikan dalam melaksanakan aktivitas kontribusi sosial yang juga berkelanjutan secara optimal. Kegiatan kontribusi sosial berkelanjutan melalui pemberdayaan masyarakat telah dilakukan secara berkala oleh mitra usaha Astra Ventura yang dikunjungi yaitu PT Rekadaya Kreasi Indonesia, PT CGS Indonesia dan PT Sagateknindo Sejati. Aktivitas tanggung jawab sosial sudah menjadi bagian penting bagi para mitra usaha Astra Ventura dalam menjalani bisnisnya serta membangun kemakmuran ekonomi masyarakat di area lingkungan kerja.

Sejalan dengan kegiatan kontribusi sosial berkelanjutan, revolusi industri pada sisi teknologi tidak dapat dipungkiri. Inovasi dan produktivitas menjadi kata kunci yang harus diperkuat pada era digital sekarang ini. Satu hal yang menjadi perhatian khusus mitra usaha Astra Ventura adalah cepatnya perubahan sistem industri menuju era 4.0, yaitu penciptaan nilai tambah pada setiap rantai produksi. Saat ini beberapa mitra usaha Astra Ventura telah mengembangkan infrastruktur pendukung seperti internet of things (IoT), big data, cloud computing, dan lainnya. Pada acara ini juga dihadiri 10 mitra usaha Astra Ventura yang ikut serta sebagai exhibitor dalam merintis penerapan teknologi menuju industri 4.0.

Astra Ventura berkomitmen dalam melakukan penguatan modal, membantu pertumbuhan mitra usaha, dan saat ini siap untuk mendukung permodalan dalam membangun infrastruktur mitra usaha yang akan masuk ke dalam industry 4.0.

 

Pertumbuhan IKM & Pembangunan Industri Manufaktur 

Berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian, setiap tahunnya jumlah unit usaha IKM di Indonesia terus meningkat. Faktanya, tercatat ada 3,68 juta IKM di tahun 2015, dan bertambah lagi hingga 4,41 juta tahun 2016. Pada triwulan II tahun 2017, jumlah IKM berada di angka 4,59 juta unit usaha. Dengan peningkatan jumlah IKM sejak tahun 2015 – 2017, total penyerapan tenaga kerja yang dapat diserap di sektor industri mencapai 17 juta di tahun 2017.

Dengan jumlah usaha di Indonesia yang terus meningkat ini, perlu sinergi antara seluruh pelaku industri agar IKM di industri manufaktur semakin kuat dan tumbuh pesat diatas pertumbuhan ekonomi. Untuk mengoptimalkan kontribusi IKM dalam mendongkrak pertumbuhan manufaktur dan perekonomian tanah air, Astra Ventura dan Group Astra lainnya berusaha untuk turut serta dalam memajukan IKM dalam memberikan kerjasama pembiayaan penyertaan modal yang diikuti dengan pendampingan serta pengembangan usaha sehingga akhirnya IKM yang menjadi mitra usaha yang maju, mandiri, dan modern.

Selama lebih dari 26 tahun berdiri, Astra Ventura turut serta berperan aktif dalam kemajuan mitra bisnis Grup Astra melalui pembiayaan penyertaan modal, pendampingan bisnis yang terpadu dan memberikan yang terbaik bagi IKM di seluruh Indonesia, khususnya yang terkait dengan mata rantai Group Astra. Berawal dari niat tersebut dan program kerja yang berlandaskan Catur Dharma Astra, terutama Dharma yang pertama yaitu Menjadi Milik yang Bermanfaat Bagi Bangsa dan Negara, “Astra Ventura dan mitra usaha terus bersama-sama melakukan inovasi teknologi dan mengembangkan masyarakat sekitar demi bisnis yang berkelanjutan. Selain itu, Astra Ventura turut mendukung program OJK yaitu berkomitmen untuk melakukan penyertaan saham sebesar 15% pada tahun 2020” ujar Jefri Rudyanto Sirait, Presiden Direktur Astra Ventura.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*